Itenery-SOLO TRAVELLER PENANG-KL 4 HARI CUMA 3 juta

Hai hai guys...
buat yang pada nunggu-nunggu blog dari gw, you must reading until the end for my story in penang-KL.
oke, Day 1..
Hari pertama tujuan gw dari bandara Soekarno Hatta ke Penang(kalo orang bule sebutnya pineng,kalo orang malay sebutnya pinang) berbagai sebutan untuk pulau Penang dan dia masuk ke heritage town dengan ibu kota george town dari peranakan india , china, dan melayu.
jadi, untuk pesawat gw pilih maskapai dari malindo air, dia group dari lion air and batik air dari malaysia itu sendiri. cek disini untuk review-nya https://suryanihandayani.blogspot.co.id/2018/04/review-maskapai-penerbangan-malindo-air.html
singkat cerita dari transit di bandara KLIA gw lanjut penerbangan ke Penang Intl Airport.
sampai di airport gw menuju bus ke hostel naik bus rapid penang.
don't worry bus cuma harga 2.70 RM sekali jalan dengan waktu sekitar 40 menit kurang lebih.karena lokasi penginapan gw ada di jalan lebuh chulia,nama penginapannya Sunny Side.
nah itu tiketnya,ga boleh ilang karna nanti bakal di cek dari sana.oh iya kalo naik rapid penang harus uang pas.karena disana ga ada tuh kenek kaya di indo.jadi uangnya dimasukin ke kotak dan supir bakal kasih ticket nya.
dari bandara penang ke lebuh chulia naik bus kode CAT,kalo ga hafal kode bus boleh deh tanya ke petugas bus.untuk lokasi shuttle bus ada di sebelah kiri jalan dikit dari pintu keluar penerbangan domestic.
oke untuk penginapan kenapa gw milih ke lebuh chulia,karena dia lokasi strategis banget,deket sama shuttle bus dan street art,restoran dan pasar juga.
untuk penginapan gw habisin duit cuma 22RM,tax sekitar 6% jadi 23 RM dan deposit sekitar 20RM(Untuk deposit duit bakal balik pas kita udah check out).
penginapan gw itu hostel dan model asrama gitu,alasan gw kenapa gw pilih itu biar kaya bule.bisa komunikasi sama bule eh gataunya gw di kentutin bule xxixiixi..
untuk skor gw kasih 8 lah yaa bersih ac kenceng smpe gw rasa gw masuk angin dan tanpa breakfast tapi.
nah malemnya gw menjelajah yang katanya lebuh chulia itu banyak street art dan kuliner nasi kandar,nasi lemak dan nasi briyani khas sana.teh tarik dong minumnya hahaha
karena gw cari street art malem dan gw minta tolong fotoin ke orang jadi blur gitu,dan gw banyak cari tample,mesjid dan muzeum.

Mesjid kapitan keling,George Town,Pinang.

salah satu street art ikon dari pulau pinang . di Jl lebuh chulia.
nah sudah cape jalan-jalan waktunya makan,gw coba makan nasi lemak dengan harga 2.8 RM kalo di indo rasanya kaya nasi uduk lah ya hahaha udah termasuk dengan minum teh tarik.
salah satu temple nya, gw lupa namanya.
sekitar jam 22.00 gw balik ke hotel sendirian dan tidur untuk hari ke 2.
Day 2
dalam otak gw hari pertama yang mesti gw datengin adalah Penang Hill,yang instagrameble banget.
gw ngejar pagi buta gataunya ga bisa karna berbagai alasan,jadi gw bisa jalan jam 7.30 pagi.
pertama gw naik bus 101 ke terminal komtar dengan harga 1.4 RM untuk naik bus ke bukit  bendera atau penang hill.
Dari terminal komtar gw naik bus kode 204 dengan tujuan akhir bukit bendera dengan harga 2RM.
untuk harga pelancong luar kita bakal kena tarif 35RM untuk masuk dan naik train dari sana.
ga sampe 30 menit kita sampai diatas eyeyeylalala,huh melelahkan syekali..
ini pemandangan diatas.
karena masih pagi sekitar jam 9 disana jadi masih ada kabut tipis-tipis.
nah ini untuk gembok cinta nya,karena gw jalan sendiri gw ga minat tuh beli gembok itu hahaha
jones bukan? gausa ledek adek bang wkwk..
dan krna gw puas di bawah gw lanjut ke atas yaitu penang Habitat Hill,dengan tiket 50RM dan discount untuk mahasiswa jadi gw cuma bayar 30RM aja kasih unjuk kartu mahasiswa gw ,ini free naik mobil kaya di golf gitu gw lupa dah namanya huh kamseupay bet ya hahaha.
sampe atas kita bakal nemu cafe gini .
dan masuk ke atas bakal ada tour guide,kalian boleh pilih dengan tour guide atau sendiri.karena gw sendiri jd gw minta tour guide dengan percume(gretong boo) hahah sampe akaknya bilang,orang indo sukanyeu gratisan saja.(lumayan buat suruh fotoin gw)
untuk view disini jempol bangeeet asri masih banyak nyamuk ,dan hewan melata lainnya.
gw ga nyesel dengan harga segitu bisa masuk sini,kalo di rupiahin dengan kurs 3.580 waktu itu sekitar abis 235.000,-
sampai atas kita bisa liat ikon dari Habitat hills 360 derajat ini.
keren banget kan,walau sendirian huhuhu..
abis puas liat sini gw lupa jam boo,udah mau jam 12 itu artinya gw harus check out kalo gamau duit deposit lu hangus,nunggu bus rapid lama dan 4 menit lagi harus udah check out akhirnya gw pesen grab aja,gw abisin duit sekitar 11.40RM dari bukit bendera sampai depan hostel gw.
setelah check out gw luch dengan menu nasi briyani chicken dan teh tarik dengan totalan abis 11.80RM saja.
beres makan ,gw niat jalan cari tample ,dan tujuan ke butterworth naik kapal ferry.
tapi gw malah ketemu dengan toko yang jual coffe gitu,gw tertarik beli white coffe excalca dari penang.untuk yang demen kopi,ini rasanya enak banget halus gitu.
ga lama jalan dari sana gw ketemu pasar jetty sekalian aja beli oleh-oleh pikir gw.
karena panas banget yauda gw niat ngadem disana sambil beli oleh-oleh.
dipasar jetty ini murah-murah banget gw beli barang banyak cuma abis 77RM,
disini bisa nemu oleh-oleh ikon penang gitu.
nah salahnya gw,gw lupa harus ke butterworth jd gw bawa gembolan berat deh mau naik kapal ferry.
karena gw kesorean dan gw pake estimasi waktu untuk tujuan selanjutnya adalah mantai di batu ferringhi penang ,jadi gw cuma bulak balik naik ferry doang ehee x_x
nah dari pasar jetty ke teluk bahang itu ga jauh jalan 5 menit sampe,dari teluk bahang gw naik bus rapid no 101 biar bisa turun di depan hostel gw buat ambil tas yang udah gw titip di receptionis.
tapi tapi tapi gw malah di buntutin sama orang india apa kamboja ga jelas dong.
serem ga ?iyalah gw takut kena hipnotis ,haduh gw di ikutin sampe dia masuk hotel juga dong.
sebel banget sumpah ini kejadian yang bikin gw spot jantung karena dia gamau lepas dan deket-deket terus.pada akhirnya pas dia ajak ke mesin ATM gw tolak dan dia pergi sendiri gw kabur lari cari mesjid dan ngumpet,
huhft legaaa gw bisa lepas dari dia, pas gw udah ganti baju karena baju basah keringet doang terus gw shalat ashar,tadinya mau mantai gw kira bakal keburu,taunya malah hujan gerimis mungkin Allah ga izinin karena ada dia disana kali ya xixixi.

akhirnya gw pake grab ke terminal komtar aja buat beli tiket bus ke kuala lumpur center.
untuk harga bus itu sendiri 38RM menepuh perjalanan 5jam aja dan gw milih perjalanan jam 12 malem untuk tidur di bus,krna gw masih pengen explore mall penang dan masih betah dikit si hahaha.
oke jam 12 malem gw ke sungai nibong buat nunggu bus dan busnya sampe jam 1 malem dengan kelas executive banget enak deh dalem bus bikin penumpangnya nyaman huhu beda dari bus yg ada di Indo.
Day 3..
gw sampe di kuala lumpur center sekitar jam 6 pagi,cari loker dan mandi.ke kfc buat makan sambil charge handphone dulu.
tujuan gw ke batu caves naik bus sampe stasen sentul ,untuk di kuala lumpur itu ada bus Hop On Hop Off dia gretong ,jadi sampe sentul naik KTM harga 2.7RM sampe staten Batu caves.
masuk sini ga bayar,yang bayar kalo mau explore masuk ke dalem ruang konservasi education Goa nya aja.tapi gw malah explore yang lain.
didalem goa banyak kuil untuk tempat peribadatan orang india,jadi jangan aneh yang bakal lu temuin muka india doang.
oke,,setelah puas explore batu caves karena ga sampe gw ke kek lok si tample waktu di penang gw bakal explore kota yang ada di kuala lumpur.
langsung mendarat ke mesjid jamek buat sholat.
pelataran mesjid jamek ini kaya di madinah banget,gw seneng disini rasanya adem banget,sampe gw pinjem jubah buat gw pake foto disini.
makasih banget tripod buat gw membantu walau sendiri :') hiks.
oke lanjut ke dataran merdeka, semua jalan-jalan di KL itu ga bayar masuk cuma gw modal kaki dan kalo cape boleh pake LRT,MRT,BUS HOP ON HOP OFF,KTM,dll.
Gedung KPK Malaysia
Dataran Merdeka Kuala Lumpur.
setelah puas jalan-jalan dan liat jam sudah menunjukan pukul 16.00 gw makan dulu baru lanjut ke twin tower, pake LRT ke pasar seni dan sampai lah disana naik bus gratis sampe bukit bintang,lalu naik bis ganti yang green line ke twin tower.

oh iya buat ingetin ke twin tower ini lebih bagus malam hari,jadi lu tunggu sampe malem biar makin ketchee suasananya yaaa..
w.o.w banget kaan hahahha ,gausah sedih sendiri,siapin aja kaki lu buat jalan modal nekat dan percaya Allah bakal jaga lu sampe mana pun.untuk bahasa gw coba pake logat melayu karena ga beda jauh dari bahasa indonesia,kecuali sama bule ya lu harus cakap english dikit lah.
untuk modal gw pesawat pake malindo air dengan total 1jt kurang penerbangan transit CGK-KUL-PENANG. Dan balik nya pake malindo air dari KLIA-CGK .
dan gw totalin untuk makan dan jalan-jalan cuma abis 300RM sisanya gw belanjain oleh-oleh dan dari 560RM(sekitar 2.007.000) gw masih nyisa 11RM.
oke cukup sekian coret-coret solo traveller dari gw.jangan lupa comment sebagai masukannya ya,dan tunggu next trip selanjutnya .bye byeeee

1. ��mantap kaka solo traveler ��

2. Thank's tipsnya ka
    Mudah2an klo ada waktu pingin nyoba ke sana.
    Explore gunung juga ga ka?

1. boleh sebagai reference yaaa..ditunggu untuk travell blog review gunung gunung di pulau jawa yaa

3. keren lah, berani banget buat pergi ke LN sendirian.
    gue yang keluar kota sendiri aja kaga berani..
    boleh nih jadi referensi biar lebih berani :)